Lidah buaya yang diolah menjadi campuran es banyak ditemui di restoran. Potongan lidah buaya yang bening dan berbentuk dadu ini bisa dibuat jus atau campuran es buah. Selain segar enak juga kaya akan manfaat.


Seperti buah atap, tekstur lidah buaya yang kenyal, makin enak dinikmati dingin dengan campuran sirup. Selain itu lidah buaya bisa membuat kulit tetap elastis dan mencegah sembelit.

1. Mengencangkan kulit

Mengonsumsi segelas jus lidah buaya satu kali sehari dapat membuat kulit terlihat semakin kencang dan halus. Lidah buaya mengandung kolagen yang dapat membuat kulit lebih kencang, mencegah penuaan. Untuk menyembuhkan luka, oleskan lidah buaya pada area kulit yang luka.

2. Melancarkan pencernaan

Rajin mengonsumsi lidah buaya dapat melancarkan pencernaan serta atasi sembelit. Lidah buaya dapat menumbuhkan bakteri baik dalam usus dan juga membuat pencernaan lebih sehat.

3. Turunkan berat badan dan tingkatkan sistem imun

Lidah buaya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat membuat rasa kenyang dalam lambung. Jus lidah buaya dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dan membantu detoksifikasi karena kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

4. Kesehatan kardiovaskular

Menurut sebuah penelitian yang di terbitkan oleh British Medical Journal, beta sisterol yang terkandung dalam lidah buaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Dengan cara mengatur tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Lidah buaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi peradangan

Lidah buaya mengandung dua belas zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah beta sisterol yang dapat membantu menghambat serta memperlambat peradangan. Hal ini dapat membantu mengurangi nyeri sendi akibat kekakuan dan meningkatkan elastisitas sendi. 

(Lusiana Mustinda - detikFood)

Sumber Berita: detikFood

 

Kembali ke Articles